Milenial dan Gen - Z Menguasai Dunia Bersama INDOZONE, Bagaimana Bisa?

Perkembangan peradaban selaras dengan teknik penyampaian informasi. Gadget yang terhubung ke internet mampu menciptakan koneksi individu maupun masyarakat yang satu dengan lainnya dan menjadi jembatan atas kesenjangan jarak dan waktu. Benarlah prediksi Mc Luhan seorang visioner asal Kanada sejak tahun 1960-an. Beliau berpendapat bahwa dunia tidak akan pernah sama akibat pesatnya perkembangan teknologi dan budaya kehidupan manusia akan ditentukan pula oleh teknologi. Dapat kita bandingkan generasi satu dengan generasi yang lain dari segi jenis media yang digunakan. Coba kita perhatikan data dibawah ini :

Data statistik diatas adalah perbandingan setiap generasi dari jenis media TV, Internet, Print, Radio dan TV berbayar. Penggunaan Internet lebih banyak lebih banyak digunakan oleh milenial kemudian disusul oleh Generasi Z. 

Disisi demografi, Tanah Air kita mengalami perubahan struktur akibat penurunan angka fertilitas (TFR) dalam kurun waktu yang panjang, sehingga generasi milenial dan Gen - Z mendominasi dari segi kuantitas. Menurut data penyebaran penduduk berdasarkan generasi pada tahun 2017, generasi milenial menduduki presentase tertinggi yaitu 33,75 % dibanding dengan generasi lainnya. Sementara generasi Z sebanyak 29,23 %.


Mengingat generasi milenial dan gen Z sangat akrab dengan penggunaan teknologi dan menyukai sesuatu yang baru, tentu akan menjadi investasi terbesar dalam mengikuti roda perkembangan teknik penyampaian informasi yang mendunia. Kata - kata bijak “Siapa yang menguasai informasi, dia yang akan menguasai dunia” maka generasi milenial dan generasi Z lah adalah sang pemegang kuncinya. Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi, ada sebuah Multi-Platform penyedia informasi yang disajikan spesial untuk generasi milenial dan generasi Z yaitu INDOZONE


Logo INDOZONE.ID

" INDOZONE | THE MOST ENGAGING MEDIA FOR MILLENIALS & GEN - Z "

INDOZONE adalah Multi-Platform News and Entertainment Media yang berfokus untuk Generasi Millennials dan GEN Z. Dengan memiliki ciri khas tagline “KAMUHARUSTAU”, INDOZONE sudah ada sejak 18 September 2014 atau selama 5 (lima) tahun mendedikasikan diri dan berkontribusi mewujudkan salah satu tujuan pembangunan nasional yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. 

1.  Dengan Kategori Artikelnya Yang Banyak

Tidak beda jauh dari situs – situs lainnya, INDOZONE menyajikan beragram kategori artikel yang membuat hari – hari kita lebih berwarna. Ibarat hidangan makanan pada sebuah acara (prasmanan), yang bisa kita coba yang mana saja. Begitu juga menu - menu pada situs INDOZONE.ID. Pilih saja kategori yang mana kita suka, kalau favorit saya yang ada emoticon senyumnya. Dari 20 menu yang disediakan, favorit kamu yang mana?


Pada halaman ini, milenial diberikan nutrisi otak yang membuat melek akan berita politik. Mungkin jenuh rasanya membaca berita dengan bahasa yang terlalu baku, namun di INDOZONE. Melek berita ala generasi milenial dan gen - z bersama INDOZONE yang disajikan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. 
Rubrik ini berisi tentang informasi – informasi yang sangat menarik dari berbagai belahan dunia. Mulai dari cerita sejarah, misteri – misteri dunia, hewan – hewan langkah, benda – benda kuno dan unik, fenomena ajaib dan lain sebagainya.
Has Slain An Enemy..... , Double Kill...., Triple Kill......., begitulah voice yang terdengar ketika teman - temanku bermain game . Gamers khususnya kaum milenial Tanah Air tidak perlu takut ketinggalan informasi seputar Game favoritnya. INDOZONE menyajikan fakta, info, tips dan trik menarik tentang berbagai game.
Pada halaman ini. kita akan mendapatkan referensi tentang perkembangan gadget masa kini, informasi spesifikasi dan harga gadget sehingga menjadi bahan pertimbangan jika ingin membeli gadget. Bukan hanya itu saja, kita juga mendapatkan informasi tentang fitur - fitur teknologi yang sudah diterapkan di sekitar kita. Informasi update software ataupun aplikasi seperti media sosial juga tersedia di rubrik ini.
Ketika masuk ke rubrik ini,bawaannya merasa lapar dan dahaga. Artikel tentang kuliner, Dining Guide, Recipe, makanan dan minuman yang unik, juga tips memilih makanan dan minuman sehat bagi tubuh kita tersedia di halaman Food INDOZONE. Pengen jago memasak ? mampir saja.
Update seputar informasi dunia sepak bola Tanah Air maupun Internasional  di rubrik ini. Mulai dari drama yang terjadi di lapangan hijau, aktivitas pemain diluar lapangan, skor hasil pertandingan bola, kondisi klasemen liga, bursa transfer pemain dan masih banyak lagi.
Ladies mana yang enggak pengen terlihat cantik? Nah, pada halaman ini, kamu akan menemukan tips- tips kecantikan, Make Up, perawatan rambut, kulit, tanaman industri kecantikan, klinik kecantikan  dan lain - lain.
"Jadi apa masalah kamu?", "Dompet saya kosong gak pernah ada isinya dok". Saya tertawa. setelah membaca salah postingan di halaman For Your Information (FYI). Keren cuy!. So, ada beberapa alasan halaman ini menjadi favorit saya. Ya, salah satunya sifatnya sangat menghibur namun tetap informatif. Alasan lainya adalah karena tampilannya bermode slide gambar.
Pada Rubrik ini, kita akan menemukan gambar - gambar yang diedit dan disajikan dalam bentuk video. Mendapatkan rangkuman berita atau informasi tertentu dengan cara menyenangkan bisa kita lakukan di halaman videografik INDOZONE.
Menu ini satu - satunya yang diberi lambang "Pagar" yang tentunya menjadi ciri khas dari INDOZONE. Sebenarnya jika kita masuk pada halaman ini, maka akan menjumpai hampir semua jenis kategori konten yang tersedia. So, intinya banyak sekali berita yang kamu harus tahu, 
Informasi, data - data dan/atau ilmu pengatahuan yang dicampur aduk menjadi satu gambar yang dirancang dengan desain yang menarik. Infografik INDOZONE tidak kalah keren dibanding dengan yang lain.
Memaparkan berita seputar otomotif, modifikasi, review, spesifikasi, tips, fitur - fitur mobil dan motor ataupun kendaraan yang terbaru, canggih maupun antik.
Kalau di Menu Soccer tadi dikhususkan pemaparan berita sepak bola, namun di rubrik ini kita akan menemukan berbagai jenis berita olahraga mulai dari moto gp, basket, tenis, dan masih banyak lagi.
Halaman ini berisikan berita lifestyle dan entertainment. Konten ataupun kisah yang inspiratif seputar kehidupan akan kita temukan di halaman Life INDOZONE.
Siapa sih, yang tidak pengen tetap sehat sampai hari tua ? Nah, temukan tips - tips seputar kesehatan di halaman Health INDOZONE. 
Kalau kamu punya niat buat jalan - jalan atau berpergian, maka di rubrik ini kamu bisa temukan referensi dan melakukan riset destinasi yang ingin dikunjungi. Disini juga dipaparkan kearifan lokal dan value yang didapat saat kunjungan.
Yuk, baca ulasan - ulasan menarik seputar film kesukaan kamu ataupun sinopsis film - film yang akan dirilis sebelum di tonton. Tentu akan sangat membantu kita dalam memahami alur ceritanya ataupun dalam memilah film mana yang layak dan cocok ditonton. 
Siapa yang engak suka dengar musik? Pasti suka kan. Apalagi dengarnya pakai earphone sambil rebahan. Oke, update info terbaru tentang musik - musik yang akan dirilis, musik yang patut coba kita dengar, berita tentang penyanyi maupun pemusik, makna yang terkandung pada lagu tertentu, ataupun bernostalgia dengan musik - musik sepanjang masa di rubrik musik INDOZONE.
Bukan hanya berjibaku di situsnya saja, INDOZONE juga hadir di channel Youtube-nya yang intensif upload konten video yang, informatif, menghibur, kreatif dan keren. 
Halaman Indeks sebenarnya berisikan konten yang sama dengan halaman utama (Homepage), hanya saja di halaman Indeks kita bisa mencari konten berdasarkan tanggal suatu konten di publikasikan.

3.  Dengan Terhubung di Berbagai Medsos

Dengan hanya membaca taglinenya saja, rasa penasaran saya meningkat ketika ada postingan INDOZONE muncul di beranda media sosial. Apalagi membaca seluruh isi postingannya, tentunya akan meningkatkan wawasan dan membudayakan literasi membaca.


Seperti dalam dunia blogging, ada istilah yang namanya niche blog. Mempersempit topik pembahasan berdasarkan kategori agar tidak gado - gado. Kan orang biasanya membaca sesuatu karena menarik perhatiannya dan memang ingin menyerap kategori informasi yang disukai. Platform medsos lainnya ada facebook, twitter, line, dan path. Hal ini menunjukkan keseriusan dalam menyebar-luaskan informasi ke publik.

3.  Dengan Artikelnya Yang Berbobot

Menurut pengalaman saya membaca artikel di INDOZONE, belum pernah saya jumpai artikel yang basa - basi.  Kaum muda kan sukanya langsung to the point namun santai. Terkadang mungkin kita jumpai di situs lain, membahas sesuatu yang tidak fokus pada topik atau lari dari jalur pembicaraan. Namun di INDOZONE hal itu sangat jarang saya jumpai. Biasanya langsung ke inti pokok pembahasan dan menggunakan prinsip 5W + 1H. Selain itu jarang  juga saya temukan adanya typo ataupun salah penulisan ataupun judul yang clickbait. Tentu dibalik konten yang berkualitas dan berbobot, ada Team Redaksi dan penulis yang berusaha keras. 


4.  Dengan Up to Date Setiap Hari

Kaum muda, khususnya generasi milenial punya phobia ketinggalan akan informasi yang disebut Fear of Missing Out (FoMO). Untuk itu, INDOZONE meng-update beritanya setiap hari, memberikan informasi yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (akurat), tepat waktu lagi viral - viralnya, dan anti hoax tentunya. Sehingga kalau lagi kumpul dengan teman - teman bisa nyambung dengan topik pembicaraan.

5.  Dengan Website Yang Nyaman

Tidak hanya atikel yang disesuaikan dengan kebutuhan anak muda, websitenya juga disajikan dengan interface yang sederhana, loading cepat  gampang diakses, dan navigasi tidak rempong baik tampilan dekstop maupun mobile. Ibaratkan seperti buku, background situs dengan latar putih, tulisannya berwarna hitam yang disertai gambar yang sesuai memberikan kenyamanan saat membaca dalam keadaan rebahan sekalipun. Rebahan, pegang smartphone, pakai earphone dengar musik sambil baca berita. Itulah kebiasaan milenial dan Gen Z. Kalau memang punya kebiasaan seperti itu, berarti kita sama hehehehe.

6.  Dengan Beriklan di INDOZONE


Sudah lumrah bagi generasi milenial dan gen - Z mengandalkan digital marketing. Nah, bagi kamu  pengen income lebih, gak bakal nyesal pasang iklan di INDOZONE. Pasalnya di media sosial INDOZONE followernya, liker, viewer, dan reacternya. Gambar diatas merupakan hasil screenshot dari halaman websitenya yang memberikan gambaran bagimana peforma konten di Instagram milik INDOZONE.

Sedikit Feedback Untuk INDOZONE

Mengakhiri tulisan ini, saya kasih saran yang membangun kepada team INDOZONE, boleh ya ? hehehehe.

1. Fitur menulis artikel
Ini yang saya prediksi bakalan ada pada website INDOZONE karena ada fitur daftar akun. Jikapun memang nanti sudah tersedia, pengennya artikel yang ditulis oleh pihak luar yang bukan team INDOZONE diseleksi terlebih dahulu sebelum diterbitkan. Dan mungkin diberikan juga income yang menulis di INDOZONE biar semangat gitu.

2. Pengennya ada menu Quiznya
Belum ada quiz - quiz sederhana seperti test buta warna, pertanyaan - pertanyaan yang menggambarkan pribadi kita seperti apa, artis mana yang mirip dengan kita, qoute yang menggambarkan diri sendiri dan lain -lain.

Oke, sekian dulu tulisan saya ini. Mudah - mudahan memberikan manfaat agar milenial dan Gen - Z lebih menguasai informasi karena kita akan menguasai dunia dengan itu.

0 Response to "Milenial dan Gen - Z Menguasai Dunia Bersama INDOZONE, Bagaimana Bisa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Klik tombol Simpan Templat.